Jaringan Komputer

Pengertian LAN, WAN, MAN,NAN, PAN,  CAN, dan internet pada jaringan komputer beserta contohnya

Dalam dunia teknologi, khususnya komputer atau laptop pasti memerlukan sebuah koneksi. Nah, hal tersebut itu banyak sekali ragamnya. Dan terkadang, tidak semua paham mengenai jaringan pada komputer.
Melalui artikel ini, ane memposting artikel tentang "Pengertian LAN, MAN, WAN, NAN, PAN, dan CAN Pada Jaringan Komputer Beserta Contohnya" semoga pembaca mendapatkan faedah dari website ini oke.... selamat membaca Salam programmer!!!

1.      Apa Itu LAN atau Local Area Network?


LAN adalah bentuk dari jaringan komputer yang sudah diketahui secara umum. Jaringan ini memiliki jangkauan yang terbatas, mungkin hanya sebatas satu rumah atau satu gedung. Maka dari itu, biasanya LAN menggunakan kabel ethernet yang tersambung ke komputer atau laptop.
Adapun beberapa contoh jaringan LAN, yakni adalah seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, perusahaan, warnet, dan banyak lainnya

2.      Apa Itu WAN atau Wide Area Network?

Dari namanya sudah jelas tersirat, WAN adalah jaringan yang mencakup area yang luas. Bahkan, cakupannya bisa mencapai rumah, kantor, kota, bahkan negara. Jadi, modem atau router yang terpasang dalam rumah kamu itu terkoneksi oleh WAN. Contohnya adalah 4G LTE, Fiber optic, dan lainnya.contoh dari WAN

Jaringan WAN yang dapat menghubungkan komputer antar gerai indomaret. Jaringan WAN yang bisa menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang, misalnya untuk bank.

3.      Apa Itu MAN atau Metropolitan Area Network?



MAN merupakan sebuah jaringan yang meng-cover area lebih besar daripada jaringan LAN atau CAN. Bahkan, MAN itu bisa digunakan untuk terhubung ke beberapa LAN sekaligus yang bisa menembus sebuah kota atau area metro yang luas.contoh dari MAN :
Misalkan Mall di Jakarta terhubung dengan Mall di Bandung, Supermarket di Bekasi terhubung dengan Supermarket di Surabaya. Nah, mereka dapat terhubung dikarenakan menggunakan jaringan MAN. Wireless MAN biasanya dapat bermain pada beberapa frekuensi, antara lain adalah 900 MHz, 1.5 GHz,2 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz, serta 5.8 Ghz. Dan frekuensi yang saat ini diijinkan oleh Pemerintah Indonesia untuk digunakan masyarakat umum adalah pada frekuensi 2.4 GHz. Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, biasanya akan dibutuhkan operator telekomunikasi yang mana dapat menghubungkan antara jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya. Misalnya saja, jaringan Depdiknas antar wilayah atau kota b.

4.      PAN (Personal Area Network)




PAN adalah jaringan komunikasi antara perangkat satu dengan perangkat yang lain dalam jarak yang sangat dekat atau hanya dalam beberapa meter saja.  PAN atau Personal Area Network merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telephone, ponsel, televisi sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire.

Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network:
Menghubungkan perangkat-perangkat computer Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan Jaringan PAN:
Menghubungkan Handphone dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan Mouse wireless dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan Printer wireless dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
Menghubungkan Speaker atau Sound wireless dengan Laptop menggunakan Bluetooth.

5.      Pengertian CAN (Controller Area network)


CAN Controller Area network pada mulanya dikembangkan untuk aplikasi pada kendaraan bermotor oleh Robert Bosch. Standar yang digunakan untuk data link layer mengacu pada model OSI (Open System Interconnection). CAN adalah sebuah protocol komunikasi serial, yang secara efektif membantu mendistribusikan real-time control dengan keamanan tingkat tinggi. Pengalamatan yang dipergunakan berdasarkan pesan dengan menggunakan metode pemgambilan acak disertai dengan pendeteksian kolisi dan bit to bit arbitrasi. Pesan yang mempunyai prioritas tertinggi akan mendapatkan akses ke jaringan terlebih dahulu. CAN merupakan system serial bus dengan kemampuan multi-master, yang berarti setiap simpul dapat mengirimkan data dan beberapa simpul dapat mengakses ke bus secara bersamaan.
Contoh dari CAN :
Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan slave master. J piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar hingga 100 meter dapat dijangkau di bawah keadaan ideal.

Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk perangkat ini sangat melebihi jangkauan untuk mereka yang pada awalnya dirancang. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) itu.

6.      Internet


Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
[null Internet] pada awalnya merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
contoh dari internet :
1.      WWW (World Wide Web)
WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di computer client dengan menggunakan protikol HTTP (HyperText Transfer Protocol)  dan aplikasi browser internet.

2.      FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download  dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
 Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan 
Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

3.      E-mail (Electronic Mail)
E-mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang digunakan kirim mengirim surat melalui jaringan internet. Pengguna internet yang ingin memanfaatkan layanan ini harus harus mendaftar (melakukan registrasi) pada komputer server penyedia layanan e-mail. Setelah mendaftar e-mail pengguna akan mendapatkan alamat e-mail yang dapat diakses dengan memasukkan nama pemakai (user name) dan kata sandi (password), usrename dan kata sandi dapat dipilih oleh pengguna saat registrasi.

No comments:

Post a Comment