Nama : Komar
Setiawan
NIM :
12182734
Kelas :
12.6D.07
PERTEMUAN 9
1.
3 contoh perubahan proses
bisnis/sosial
a.
Proses Jual Beli
Teknologi yang digunakan yaitu computer dan smartphone sebagai
media yang bisa mengakses internet dan sebagai media terjadinya transaksi
tersebut.
Model kerja via online, merupakan sarana jual beli yang banyak
digunakan masyarakat saat ini. Contoh: bukalapak, blibli, dan Tokopedia. Layanan
tersebut memberi kemudahan dalam proses jual-beli dikalangan masyarakat. Dalam pembayarannya
dapat dilakukan melalui transfer rekening melalui ATM, kartu kredit dan
transaksi pembayarannya bisa juga dilakukan pada saat penerimaan barang
berlangsung. Umumnya pembayaran dilakukan sesuai dengan ketentuan yang
ditetapkan oleh pihak layanan via online tersebut.
Nilai etika tradisional yang hilang tidak adanya tawar menawar
dalam proses jual – beli. Kehilangan rasa saling mengenal dan silaturahmi antar
konsumen dan produsen.
b.
Televisi
Teknologi yang digunakan adalah televisi sebagai media informasi
Model kerja televisi sebagai media informasi dari berbagai belahan
dunia. Dari informasi teknologi, ekonomi, hukum dan sosial yang menampilkan
secara nyata.
Nilai tradisional yang hilang adalah tayangan televisi bisa
mempengaruhi pola pikir serta berpengaruh pada nilai sopan santun terhadap
orang yang lebih tua atau sesama. Cara berpenampilan, sikap dan berprilaku. Juga
menimbulkan kemalasan dan lupa waktu.
c.
Jasa catering
Teknologi yang digunakan yaitu berbasis android atau smartphone
dengan aplikasi media sosial sebagai wadah untuk promosi jasa catering. Contohnya
seperti Instagram dan facebook. Bahkan melalui media online yang banyak dijumpai
saat ini diwebsite resmi jasa catering tertentu.
Model kerja catering service merupakan Lembaga bisnis yang
bergerak dalam penyediaan jasa pembuatan makanan yang akan dicontohkan disini
adalah peran catering service dalam suatu acara hajatan atau biasa disebut
event catering service. Secara garis besar disini peranan careringservice
adalah menyediakan makanan juga bertanggung jawab atas penghidangannya.
Nilai tradisional yang
hilang adalah biasanya apabila ada seseorang yang memiliki acara misalnya,
resepsi, aqiqah. Maka sanak keluarga dan tetangga akan dating untuk membantu. Mereka
semua bergotong royogn untuk mengerjakan segala sesuatunya.
2.
Pelanggan Etika dan sanksi
Interaksi hubungan dalam kehidupan masyarakat senantiasa diwarnai
dengan penyalahgunaan pelanggaran ataupun penyimpangan. Walaupun telah ada
etika sebagai pedoman dalam mengatur kehidupan masyarakat, namun ada Sebagian diantaranya
yang tidak taat atau menentang dan bahkan membuat pelanggaran terhadap pedoman
yang telah ada.
a.
Sanksi sosial,
Sanksi
ini diberikan oleh masyarakat sendiri tanpa melibatkan pihak berwenang. Pelanggan
yang terkena sanksi sosial biasanya merupakan kejahatan kecil. Ataupun pelanggan
yang dapat dimaafkan. Dengan demikian hukum yang diterima akan ditentukan oleh
masyarakat. Misalnya membayar ganti rugi. Pedoman yang digunakan adalah etika
setempat berdasarkan keputusan Bersama.
b.
Sanksi hukum,
Sanksi
ini diberikan oleh pihak berwenang dalam hal ini pihak kepolisian dan hakim. Pelanggaran
yang dilakukan tergolong pelanggaran berat dan harus diganjar dengan hukuman
pidana ataupun perdata. Pedomannya suatu KUHP.
No comments:
Post a Comment